15 Desain Dapur Kecil yang Bikin Memasak Lebih Cepat

Dapur berukuran kecil memang membuat ruang gerakmu terbatas. Namun  jika kamu bisa mengetahui trik untuk mengakalinya melalui desain yang tepat, dapur kecil pun akan terasa nyaman bagaikan dapur berukuran besar. Lalu, trik apa saja sih untuk desain dapur kecil tersebut? Simak bocorannya dari Kania berikut ini!

  1. Desain Dapur Kecil dengan Jendela


Fungsi utama dari jendela adalah sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya alami dari matahari. Kehadiran jendela pada desain dapur kecil akan membuat dapur jadi terlihat lebih besar dan luas. Kok bisa? Karena dapur akan menjadi terang berkat cahaya matahari dan pandanganmu akan lebih luas ke bagian luar rumah.
Sebagai bonus, kamu bisa membuka jendela saat memasak agar bau masakan tidak terkurung di dalam rumah. Lebih serunya lagi, kamu bisa hemat pengeluaran untuk lampu di siang hari berkat desain dapur kecil ini. Selain itu sirkulasi udara yang baik bisa membuat rumah menjadi lebih sehat, lho!

  1. Desain Dapur Kecil dengan Bentuk U


Trik pertama untuk desain dapur kecil adalah menggunakan kabinet bentuk U. Dengan bentuk kabinet seperti ini, kamu bisa bebas bergerak di bagian tengah dapur saat memasak dan menyiapkan makanan.

Selain itu, kamu tidak perlu melangkah jauh ketika ingin memindahkan wajan bekas ke tempat cucian, atau ketika mengambil piring untuk memindahkan makanan dari wajan. Cukup membalikkan badan ke kanan atau kiri saja. Efisien gerakan ya, desain dapur kecil ini!

  1. Memanfaatkan Setiap Sudut dengan Maksimal

Trik berikutnya yang bisa kamu lakukan ketika memiliki dapur kecil adalah dengan memanfaatkan setiap sudut dapur dengan maksimal. Jangan biarkan ada sudut yang tidak terpakai pada desain dapur kecil. Jika memungkinkan untuk memasang kabinet di setiap sudut bagian atas dapur, mengapa tidak? Area backsplash pun bisa digunakan sebagai area menggantung peralatan masak berukuran kecil.

  1. Gunakan Cermin sebagai Backsplash pada Desain Dapur Kecil



Dalam dunia interior, cermin adalah dekorasi yang terkenal sebagai solusi dari ruangan kecil. Untuk desain dapur kecil, gunakan cermin sebagai material backsplash yang efisien. Cermin ini akan memantulkan bayangan dari ruangan di sekitarnya, sehingga dapur yang kecil bisa terasa lebih luas. Selain itu, material cermin juga mudah dibersihkan dari minyak dan bahan makanan yang terciprat saat kamu memasak.

  1. Desain Dapur Kecil dengan Bantuan Area di Sekitarnya

Sudah mencoba menghemat tempat tapi masih saja tidak bisa meletakan barang penting di dapur? Jangan ragu untuk meminjam area di sekitar dapur. Misalnya meletakkan rak bahan makanan di luar dapur dekat meja makan atau menggunakan kabinet tertutup di sebelah dapur yang menghadap ke ruang keluarga.

  1. Manfaatkan Furnitur Tersembunyi pada Desain Dapur Kecil


Dalam menentukan desain dapur kecil, berarti kamu harus memilih furnitur apa yang wajib dimiliki dan tidak begitu diperlukan supaya ruangan tidak menjadi sempit. Jika ada banyak furnitur yang tidak bisa disingkirkan, solusinya adalah menggunakan furnitur yang bisa disembunyikan ketika tidak diperlukan. Misalnya saja seperti meja yang ditanam pada kabinet berikut. Tarik meja tersembunyi ini keluar kabinet ketika kamu membutuhkannya.

  1. Singkirkan Kabinet, Gunakan Rak Terbuka pada Desain Dapur Kecil



Penggunaan kabinet pada desain dapur kecil akan membuat ruangan terasa semakin sesak dan tertutup. Untuk menciptakan kesan yang lebih lega dan lapang, singkirkan kabinet dan gunakan rak dinding terbuka sebagai gantinya. Keuntungan lain dari menggunakan rak terbuka ini adalah menghindarkan perabotan dari kelembapan dan menghemat waktumu ketika mencari sebuah benda.

  1. Desain Dapur Kecil dengan Suasana Terang

Agar dapur kecil terlihat lebih luas dan tidak sumpek, pencahayaan pada desain dapur kecil harus dibuat dengan seterang mungkin. Jika dapurmu tidak memiliki jendela, kamu bisa membuat suasana yang terang dengan cara menggunakan lampu secukupnya, memilih furnitur berwarna terang, dan menggunakan backsplash yang memantulkan cahaya.

  1. Desain Dapur Kecil yang Minimalis

Desain minimalis dikenal sebagai desain yang cocok untuk hunian berukuran kecil. Desain minimalis ini juga cocok diterapkan sebagai desain dapur kecil milikmu. Kunci dari desain minimalis ini adalah jumlah perabotan yang secukupnya serta model kabinet yang sederhana. Tanpa kehadiran banyak furnitur yang rumit, dapur akan terasa lebih lega.

  1. Desain Dapur Kecil yang Didominasi Gantungan Peralatan Masak

Sama halnya seperti rak terbuka, area gantungan bisa membuat desain dapur kecil terlihat lebih lega. Buatlah area gantungan pada satu dinding dan gunakan gantungan tersebut untuk meletakkan berbagai macam wajan, panci, dan sendok masak.

Teknik penyimpanan ini akan lebih efisien tempat dibandingkan dengan menyimpannya di dalam lemari. Ketika ingin menggunakan salah satu perlengkapan masak tadi, kamu akan lebih mudah mencari dan mengambilnya tanpa perlu membongkar tumpukan di dalam lemari.

  1. Desain Dapur Kecil Multifungsi, Tempat Cuci Sekaligus Talenan

Desain dapur kecil yang multifungsi ini pasti akan sangat bermanfaat bagi para ibu yang hobi memasak. Biasanya, kita akan mencuci bahan makanan sebelum memotongnya. Dengan desain yang multifungsi ini, kamu bisa menggeser talenan ketika ingin mencuci bahan makanan, lalu menggesernya kembali saat ingin memotong bahan tersebut. Lumayan kan, hanya perlu satu talenan di dapur dan tidak perlu repot bolak-balik ke tempat cucian.

  1. Desain Dapur Kecil Terbuka


Lokasi dapur tidak selalu harus tertutup dari ruang lain. Dengan desain dapur kecil terbuka ala chef yang menyatu dengan ruang lain, dapur akan terasa lebih luas. Yuk, hilangkan pembatas dapur dengan ruang lainnya!

  1. Kabinet Sudut pada Desain Dapur Kecil


Desain dapur kecil yang satu ini sering terabaikan oleh pemilik rumah. Bagian pertemuan kedua sudut kabinet biasanya tidak terpakai karena desain yang sederhana. Untuk mengakali ini, kamu bisa memilih kabinet sudut yang memanfaatkan ruang di bagian pertemuan kedua sudut tersebut.

  1. Desain Dapur Kecil yang Tersembunyi


Akibat ukuran ruangan yang kecil, tidak jarang dapur berada dalam satu area dengan ruang makan. Bagi kamu yang merasa risih menyatukan dapur dan ruang makan, trik yang bisa diterapkan adalah desain dapur kecil tersembunyi. Desain dapur kecil ini bisa disembunyikan menggunakan partisi lipat atau tirai berwarna cerah. Saat ingin memasak, bukalah penutupnya. Nah, saat kamu ingin makan dan mendapatkan suasana yang nyaman, sembunyikanlah dapurmu.

  1. 8.Rak Piring Anti Basah untuk Desain Dapur Kecil



Sehabis mencuci piring, biasanya kita akan meletakkan piring tersebut di suatu wadah untuk meniriskannya dari air, sebelum mengembalikannya pada kabinet penyimpanan. Kebiasaan ini tentu akan menyita banyak ruang di dapur kecil. Sebagai solusinya, kamu bisa meletakkan rak penyimpanan piring berjeruji tepat di atas tempat cucian. Piring yang sudah dicuci dan masih basah bisa langsung kamu taruh di rak tersebut. Hemat tempat dan tenaga, bukan? Desain dapur kecil ini juga terlihat lebih ringkas dan efisien.

source : https://www.dekoruma.com

0 Response to "15 Desain Dapur Kecil yang Bikin Memasak Lebih Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel